Kamis, 08 Maret 2012

manfaat kopi bagi stamina dan otak



foto:isenkdoank.wordpress.com
Tahukah anda bahwa Dengan Tanpa ditambah gula, kopi ternyata dapat membuat kerja otak dan stamina lebih terjaga itu semua karena kandungan kafein didalamnya. Senyawa kafein merupakan stimulan atau pembangkit stamina, sehingga kafein sering dipakai juga sebagai bahan campuran dalam minuman-minuman berenergi.

Dalam sebuah Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitat de Barcelona (UB) terungkap, kafein ternyata memiliki efek lain ketika dikombinasikan dengan glukosa atau gula. Kombinasi yang menghasilkan kopi manis ini mampu membuat kerja otak lebih efisien.

Dalam pemindaian CT Scan, aktivitas otak pada para peminum kopi manis tampak menurun di bagian yang mengatur kemampuan kognitif. Meski aktivitasnya menurun, performa atau kinerja otak teramati stabil dalam hasil tes kognitif yang diberikan.


Kemampuan otak untuk menghasilkan kinerja yang sama dengan aktivitas lebih rendah menunjukkan bahwa otak bekerja dengan lebih efisien. Hal ini bisa membuat otak tidak cepat mengalami kelelahan atau bahkan kerusakan sel.

"Kombinasi kafein dan glukosa menyebabkan kerja otak lebih efisien di bagian kognitif, terutama yang bertanggung jawab atas ingatan dan perhatian," ungkap Josep M Serra Grabulosa salah seorang dari UB seperti (dikutip dari Sciencedaily)

Penelitian yang dilakukan Jean dan rekan-rekannya melibatkan 40 relawan sehat yang dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing diberi minuman yang berbeda yakni kopi pahit, sirup gula, kopi manis dan air putih.

Hasil penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental.(detikhealth.com)

sekedar informasi indonesia kaya akan komoditas kopi terutama kopi jenis arabica dan robusta,dan Salah satu varietas kopi robusta yang terkenal adalah kopi luwak dari Indonesia

infoinfo unik: manfaat kopi bagi otak dan stamina,manfaat kopi,kopi
http://info-infounik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar